11/01/2015

Jalan-Jalan Ke Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawang Mangu

Salah satu wisata alam yang sering diminati wisatawan adalah air terjun. Ada banyak sekali air terjun yang ada di Indonesia. Salah satu yang terletak di Karang anyar adalah air terjun grojogan sewu. Air terjun ini sangat ramai ketika musim liburan tiba. Tidak hanya grojogan sewu, masih ada air terjun lain yang ada di Karang anyar nanti akan dibahas pada postingan yang lain. Kembali ke Grojogan sewu ini memiliki pandangan yang sangat indah, cocok untuk menghilangkan penat karena urusan kerja. Ini adalah karcis parkir motor ketika saya berkunjung di sana.


Air terjun grojogan sewu terletak di Kabupaten Karang anyar Jawa Tengah, kira-kira satu jam perjalanan menggunkan kendaraan bermotor dari kota solo. Akses ke lokasi grojogan sewu cukup mudah. dapat ditempuh menggunkan kendaraan umum(bus, angkutan kota dan ojek), kendaraan pribadi dan dapat juga dengan charter kendaran untuk rombongan yang banyak. Sesampainya di lokasi kita dapat memilih mau masuk lewat pintu I atau pintu II. Bagi yang gemar olahraga sebaiknya pilih pintu I karena kita harus melewati anak tangga yang katanya berjumlah 1000. Bagi orang yang jarang olahraga berjalan di anak tangga sebanyak itu pasti akan melelahkan, apalagi ketika anak tangga naik. Untuk pintu II jarak dari loket tiket ke air terjun cukup dekat tidak melewati anak tangga yang benyak seperti pada pintu I. Untuk tiket masuk di Pintu I & II sama saja namun jika anda dengan rombongan nanti akan ada potongan. 


Untuk turis domestik tiket masuknya adalah Rp.15.000 sedangkan untuk turis asing (luar negeri) harga tiket masuknya adalah Rp.160.000. selisih banyak sekali, untuk lebih jelasnya bisa ditanyakan dinas pariwisata kabupaten Karang anyar atau Provinsi Jawa Tengah.  Setelah mengurus tiket skarang saatnya meluncur ke lokasi air terjun. Jika lewat di pintu II kira-kira 10 menit kita sudah sampai ke air terjun. Rasa lelah setelah jalan sekitar 1 km bisa terbayar dengan suguhan pemandangan alam yang sangat indah.


Saat musim libur air terjun ini sangat ramai, untuk mendekat ke air terjun sangat susah. Di sini kita bisa foto-foto denga teman atau keluarga. Setelah puas berfoto kita bisa bersantai dengan menyewa tikar di bawah pohon yang rindang dan sejuk. Juga terdapat penjual makanan ringan dan makanan barat jika perut kita lapar. Salah satu menu yang istimewa di sini adalah sate kelinci.


Dengan harga yang cukup terjangkau, perut kita yang tadinya kelaparan bisa menjadi kenyang. Kita harus selalu waspada karena disini terdapat kera liar yang kadang menggangu pengunjung dengan merebut makanan yang dibawa. 

Cukup sekian dulu postingan mengenai air terjun grojogan sewu tawang mangu. Jika sedang berkunjung di kota solo, jangan lupa untuk mampir di tawang mangu dijamin terpuaskan dengan udara sejuk khas pegunungan. sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga atau dengan teman-teman. 

No comments:

Recent Posts