3/06/2016

Jalan-Jalan Ke Kota Ampana Sulawesi Tengah

Ampana adalah sebuah kota yang terletak di Sulawesi Tengah, yang berbatasan dengan kabupaten Poso pada bagian barat dan kabupaten Luwuk/Banggai dibagian timur. Jarak tempuh dari Palu ke Ampana sekitar 300 Km, waktu tempuh menggunkan jalur darat menghabiskan waktu 10-12 Jam.
Untuk perjalanan darat saya hanya menjumpai mobil travel, selama perjalanan saya belum melihat bus yang beroperasi menghubungkan dua kota tersebut. Harga yang dibayarkan untuk naik travel adalah 150.000. Yang membuat perjalanan semakin lama adalah renovasi jalan trans sulawesi, jadi kita harus mengetahui kapan jalan dibuka atau ditutup. Tapi jika naik travel anda tidak perlu khawatir karna sopirnya pasti sudah hafal jadwal tersebut.

Gapura Selamat Jalan Ampana

Saya kemarin ketika ke Ampana berangkat dari Palu naik travel sekitar Pukul 10.00 WITA, dan sampai di Ampana Pukul 21.30 WITA. Hampir 12 Jam perjalanan sampai panas bokong saya. Dalam perjalanan kita akan menjumpai pemandangan yang sangat indah, mulai pantai pesisir sampai dengan pegunungan yang ada di Sulawes tengah. jika kita capek kita boleh meminta sopir untuk berhenti sejenak untuk makan atau untuk sholat bagi yang beragama islam.

Setelah sampai di Ampana saya menginap di sebuah penginapan kala orang disana menyebutnya cotage karena kamarnya berbentuk rumah sendiri-sendiri. Tarif penginapan tersebut cukup murah, yaitu Rp. 150.000 sehari satu malam. Sudah dapat sarapan pagi dan kopi atau teh. Yang lebih mengasikan lagi penginapan tersebut dekat sekali dengan pantai. Setiap sore hari kita bisa melihat sunset dipantai tersebut.

Di kota Ampana ini terdapat pelabuhan yang menghubungkan dengan pulau Togean, Tomini, Una-una dan masih banyak lagi pulau kecil disana. Untuk mencapai kesana kita bisa naik kapal dengan tarif Rp. 60,000, namun tidak setiap hari ada hanya hari-hari terntu dan jika cuaca sedang baik. Pulau Togean saat ini mulai digandrungi turis mancanegara karna memiliki pemandangan yang indah, tidak kalah dengan bali atau lombok. Disana kita bisa diving, snorkling atau berenang main air biasa sambil menikmati sunrise atau sunset. Selain dari Ampana untuk mencapai pulau ini juga dapat melalui gorontalo namun akan memakan waktu yang lebih lama sekitar 12 jam, kalau lewat ampana waktu tempuh kapal hanya 5 jam.

Meskipun saya belum ke pulau tersebut ingin rasanya suatu saat bisa kesana sambil menikmati keindahan pulau di Sulawesi. Saya hanya mendengar cerita dari teman-teman saya dari ampana dan melihat berita di tv tentang keindahan pulau Togean dan sekitarnya. Cukup sekian postingan kali ini semoga bermanfaat sampai jumpa dengan postingan saya yang lain.