12/17/2015

Jalan-Jalan Ke Candi Cetho Di Karang Anyar

Selamat berjumpa dengan blog jalan-jalan wae. Kali ini admin blog ini akan berbagi pengalaman saat berwisata di sebuah candi yang ada di Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Candi ini terletak di pegunungan atau bukit sekitar gunung lawu. candi ini merupakan bangunan tua yang masih digunkan untuk bersembhyang, saat saya kesana masih terdapat banyak sekali sesaji seperti bunga dan dupa yang masih segar. Jika anda kesana saya sarankan untuk memakai jaket karena di sana mempunyai suhu yang cukup dingin dan sering diselimuti dengan kabut.
Kabut Di Lereng Gunung Lawu

Lokasi Candi Cetho dapat ditempuh dari kota solo dengan menempuh waktu sekitar 45 menit. Jalan yang dilalui juga cukup bagus dengan disugui hamparan sawah milik petani dan perkebunan. Ketika sudah hampir sampai di Candi cetho kita dapat melihat hamparan tanaman teh yang sangat luas, temapat ini juga sering dijadikan tempat anak-anak muda untuk berfoto ria dengan menggunkan kebun teh sebagai latar belakang. Perlu diingat ketika anda kesana pastikan kendaraan anda dalam kondisi baik terutama masalah rem. Karena jalan disana terdapat banyak naik dan turunan yang cukup curam. Selalu berhati-hati dan jangan ngebut karena banyak tikungan tajam agar sampai tujuan dengan selamat. Nikmati perjalanan dengan melihat hamparan perbukitan dan sejuknya suasana di sekitar Candi Cetho.


 Setelah sampai lokasi anda bisa istirahat sejenak ditempat parkir sebelum masuk ke candi. Karena candi ini terletak di atas bukit jadi kita harus berjalan mendaki. Sebelumnya kita diharuskan membeli tiket masuk di loket dengan harga Rp.3000 per orang. Ada tambahan lagi yaitu kita diwajibkan membawa kemben. kita dapat menyewa dengan membayar uang seiklasnya. setelah memakai kemben kita diperbolehkan masuk di area candi.

Candi-candi di sini masih terkihat sangat terawat, relief yang terdapat pada candi masih terlihat sangat jelas. Jika dibandingkan dengan candi Parmbanan atau candi Borobudur candi cetho memang lebih kecil. Tapi masalah keterawan, menurut saya juga tidak kalah dengan kedua canci tersebut.

Sebenarnya masih banyak candi yang ada di Karang Anyar, pada kesmpatan yang lain akan saya posting tentang candi tersebut. Sekian dulu postingan tentang Candi Cetho di Karang anyar kali ini. Sampai jumpa pada postingan yang berikutnya. 

Recent Posts