6/29/2016

Jalan-Jalan Sore (JJS) Di Waduk Ketro Tanon Sragen

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan bagi anak muda yang berada di daerah Tanon dan sekitarnya. Tempat ini diberi nama Waduk Ketro karena waduk ini terletak di desa Ketro. Desa Ketro ini berada di kecamatan Tanon yang terletak di tengah-tengah wilayah Kabupaten Sragen. 


Tujuan dari dibuat waduk ini adalah supaya sawah petani disekitar waduk tidak mengalami kekeringan ketika musim kemarau, karena warga bisa mengambil air dari waduk untuk dialirkan kesawah mereka. Waduk ini tidak sebesar dan seluas seperti waduk Kedung Ombo, Mungkin hanya sekitar sepersepuluh atau bahkan seperduapluhnya. Bisa kalian cek di Google Maps Waduk ini tidak akan terlihat jika tidak di zoom.

Dengan adanya waduk ini sering dimanfaatkan para anak muda untuk berkunjung kesini, untuk sekedar refresing atau cuci mata. Waduk ketro ini akan terlihat ramai jika sudah sore hari, sekitar jam 5 sore. Apalagi saat bulan puasa banyak sekali para ABG yang Ngabuburit disini. 


Waduk ini belum dikelola sebagai tempat wisata, karena lokasinya yang cukup kecil dan pengunjungnya tidak selalu banyak. Jadi siapapun bisa keluar masuk waduk ini tanpa perlu membayar retribusi. Selain digunakan untuk tempat nongkrong sore hari waduk ini juga digunkan untuk menghubungkan desa lain supaya lebih cepat karena tidak perlu putar ke jalan raya.

Waduk ini juga sering dijadikan tempat untuk mencari ikan dengan cara dipancing atau menggunkan jaring. Karena ketika musim kemarau waduk ini surut jadi ikan-ikan disini tidak sebesar-besar yang ada di Waduk lain yang lebih luas. Tapi untuk sekedar hiburan memancing disini cukup menyenangkan. Mengingat lokasinya cukup mudah untuk dijangkau.

Sepertinya hanya itu saja yang dapat saya ulas dari Waduk Ketro ini, bagi anda yang tinggal di sekitar tanon tidak ada salahnya untuk mengunjuni waduk ini. Terimakasih atas kunjunganya sampai jumpa dengan postingan saya yang lain.

2 comments:

Budiyanto said...

Oke gan

Tukang Utak said...

Hmmm sekarang waduk ketro sudah direstorasi

Recent Posts