6/30/2016

Menapaki Sejarah Museum Bank Mandiri

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai museum Bank Indonesia, pada kesempatan kali ini saya akan ganti membahsa museum Bank Mandiri yang letaknya tidak jauh dari Museum Bank Indonesia. Museum ini masih terletak di kota tua Jakarta Utara. Kebetulan setelah keluar dari MBI hari masih sian jadi saya lanjutkan perjalanan di MBM.

Museum Bank Mandiri ini Buka setiap Selasa sampai Minggu, Senin dan hari libur Nasional Museum ini tutup tidak melayani pengunjung.  Harga tiket masuk ke museum ini cukup terjangkau yaitu sebesar Rp.5000 untuk satu orang dewasa. Sebelum masuk ke museum kita diwajibkan untuk menitipkan tas atau barang bawaan kita ke petugas yang berjaga. Setelah menitipkan barang bawaan, kita bisa langsung menuju loket untuk membeli tiket.


Sekilas pandangan pertama saya setelah melihat museum ini, sangat luas dan terlihat sekali kuno. Kita seperti berada di masa jaman dahulu. Seluruh peralatan yang digunkan dalam perbankan jaman dahulu masih tersmpan rapi, Mulai dari mesin ketik, komputer atm dan brangkas yang digunkan untuk menyimpan uang nasabah. 

Museum ini memiliki 3 lantai, Lntai pertama berisi barang-barang perbankan jaman dahulu serta barang ruangan-ruangan yang tertata seperti dulu beroperasi. Kemudian di bagian bawah tanah ada tempat yang digunakan untuk menyimpan brankas. Dan yang ada di lantai 2 terlihat seperti tempat eksekutif mungkin tempat para direktur yang berkantor dulu dan ada juga beberapa ruang untuk rapat. 


Dari beberapa tempat yang ada di museum ini terlihat sangat kuno kita bisa seperti masuk jaman dahulu dengan melihat desain ruangan serta ada patung yang petugas bank yang sedang melayani nasabah. Ada satu kekurangan yang saya rasakan. Yaitu kurangnya petugas yang berada museum dan rute mana yang pertama harus dikunjungi. Ketika saya setelah membeli tiket dan berjalan kearah kanan ternyata buntu. Jadi harus balik kanan masuk dari kiri, karena memang tidak ada petunjuk tempat mana yang bisa kita kunjungi terlebih dahulu. 

Saya rasa hanya ini yang dapat saya ulasan mengenai meseum Bank Mandiri. Semoga menambah wawasan teman-teman sekaligus membuat penasaran sehingga mau mengunjungi musium ini. Cukup sekian sampai jumpa dengan postingan saya yang lain.

No comments:

Recent Posts